Sabtu, 03 Juli 2010

Uruguay Tantang Belanda di Semifinal


Uruguay memastikan satu tempat di semifinal setelah menekuk Ghana 4-2 dalam adu penalti di pertandingan perempat final, Sabtu (3/7) di Stadion Soccer City. Selama 120 menit kedua kesebelasan bermain 1-1.

Di semifinal, Uruguay akan menghadapi Belanda yang sebelumnya menundukkan Brasil 2-1.

Dalam adu penalti, kiper Uruguay Fernando Muslera menjadi pahlawan dengan mementahkan tendangan John Mensah dan Dominic Adiyiah. Sedangkan dari Uruguay, hanya tendangan Maximiliano Pereira yang gagal setelah bola melambung jauh di atas mistar.

Bagi Ghana, kekalahan dari Uruguay membuat mereka gagal mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang mampu menembus empat besar. Namun demikian, Ghana tetap layak mendapat acungan jempol dengan penampilan pemainnya yang heroik.

Menghadapi Uruguay, Ghana sebenarnya mampu memenangkan pertandingan dalam 120 menit ketika mendapat hadiah penalti di menit akhir pertandingan setelah Luis Suarez menahan bola yang sudah mengarah ke gawang dengan tangan. Akibat perbuatannya ini, Suarez mendapat kartu merah.

Sayang Asamoah Gyan gagal menjalankan tugasnya. Bola tendangan Gyan hanya membentur mistar gawang dan membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Laga Ghana melawan Uruguay berlangsung menarik. Kedua kesebelasan bermain terbuka dan menyerang sejak menit awal.

Ghana yang tidak diunggulkan mampu memberikan perlawanan sengit bagi Uruguay. Satu-satunya wakil Afrika yang masih tersisa ini tampil tanpa beban. Dengan bermain terbuka, Ghana mampu mengimbangi permainan Uruguay.

Bahkan, Ghana sempat mengejutkan Uruguay saat mampu unggul lebih dulu di masa injury time babak pertama. Berdiri bebas di luar kotak penalti Uruguay, Sulley Muntari melepaskan tendangan kaki kiri yang keras. Bola yang mengarah ke pojok kiri gawang Uruguay, gagal dihadang kiper Fernando Muslera.

Di babak kedua, Uruguay berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Serangan demi serangan dilancarkan Uruguay yang dimotori Diego Forlan.

Usaha keras Uruguay akhirnya membuahkan hasil menit ke-54. Bola tendangan bebas Forlan yang melengkung ke pojok kiri gawang Ghana tidak mampu dijangkau kiper Richard Kingson.

Setelah kedudukan imbang 1-1, Ghana dan Uruguay tidak menurunkan tempo permainan. Kedua kesebelasan tetap tampil menyerang untuk menambah keunggulan. Namun hingga babak kedua usai, kedudukan 1-1 tidak berubah.

Di masa perpanjangan waktu, kedua kesebelan beberapa kali mendapat peluang menambah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar