Jumat, 30 Desember 2011

Busway Koridor XI Fasilitasi Penumpang Tunanetra


Fasilitas di halte TransJakarta Koridor XI yang rencananya akan diresmikan pada 28 Desember nanti, pada setiap halte memiliki jalur lintasan untuk penyandang tunanetra.

Hal ini terlihat di Halte Wali Kota Jakarta Timur, yang memiliki ubin pengarah dan ubin pengingat yang nantinya dapat mengarahkan penyadang tunanetra saat masuk ke halte sampai naik ke bus.



"Jalur untuk penyandang tunanetra ini, tidak terdapat di Halte Kampung Melayu karena lantainya dari lempengan besi," ujar salah seorang pengawas halte, kepada wartawan, Jumat (23/12/2011).

Jarak tempuh antarhalte di Koridor XI yang memiliki panjang 11.760 kilometer dan memiliki 15 halte ini, sekira 500 sampai 1.250 meter, dan jarak terpanjang adalah antara Halte Penggilingan ke Perumnas Klender.

Nantinya Bus TransJakarta yang ada di Koridor XI ini, akan melewati lima ruas jalan, yaitu, Jalan Bekasi Barat, Jalan Bekasi Timur, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Sentra Primer Timur, dan Jalan Pulo Gebang. Selain itu, Koridor XI juga menghubungkan Koridor X yang transit di Halte Fly Over Jatinegara ke Halte Stasiun Jatinegara 1 dan Halte Kampung Melayu yang menghubungkan Koridor VII dan V.

Pantauan okezone, Halte Wali Kota Jakarta Timur menggunakan dilengkapi kipas angin. Fasilitas yang ada di halte ini, yaitu toilet umum yang bisa dipakai untuk penyandang cacat, mushala, dan air mancur di tengah halte.

Inilah 15 halte yang terdapat di Koridor XI:

Pulo Gebang, Wali Kota Jakarta Timur, Penggilingan, Perumnas Klender, Fly Over Raden Inten, Buaran, Kampung Sumur, Fly Over Klender, Stasiun Klender, Cipinang, Imigrasi Jakarta Timur, Pasar Enjo, Fly Over Jatinegara, Stasiun Jatinegara 2, Jatinegara RS Primer, dan Kampung Melayu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar