Sabtu, 16 Juli 2011

Adu Penalti, Uruguay Singkirkan Argentina


Uruguay menyingkirkan tuan rumah Argentina sekaligus melaju ke semifinal Copa America 2011 setelah meraih kemenangan melalui adu penalti di Estadio Brigadier General Estanislao Lopez, Santa Fe, Minggu (17/7) pagi WIB.

Uruguay mengejutkan Argentina ketika Diego Perez mencetak gol saat pertandingan baru berjalan enam menit. Perez mencetak gol tiga menit setelah mendapat kartu kuning pada menit ketiga.


Argentina berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-17 melalui Gonzalo Higuain. Diawali pergerakan Messi dari sisi kanan, umpan lambung terukur pemain terbaik dunia dua tahun terakhir itu diselesaikan dengan heading sempurna oleh Higuain untuk membobol gawang Fernando Muslera.


Higuain sempat mencetak gol keduanya ke gawang Uruguay juga melalui heading, namun gol tersebut dianulir wasit karena striker Real Madrid itu sebelumnya telah berada dalam posisi offside.


Gol Uruguay pada menit ke-35 melalui tendangan Martin Caceres dianulir wasit karena terlebih dulu berada dalam posisi offside. Empat menit kemudian Uruguay harus bermain dengan 10 pemain setelah Diego Perez, sang pencetak gol, menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Fernando Gago.


Meski kalah jumlah pemain, Uruguay masih mampu menciptakan peluang dan membahayakan gawang Argentina memasuki injury time babak pertama ketika heading kapten Diego Lugano membentur mistar atas gawang Sergio Romero. Skor imbang pun 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.


Memasuki babak kedua, tempo permainan sedikit turun. Namun Argentina yang unggul jumlah pemain tetap menguasai jalannya pertandingan sementara Uruguay lebih banyak mengulur waktu dan mengandalkan serangan balik.

Peluang emas Argentina berikutnya didapat oleh Higuain ketika tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan Messi masih dapat dimentahkan oleh Muslera.


Dua menit setelah peluang Higuain, Uruguay hampir mencuri gol ketika umpan terobosan Luis Suarez berhasil dijangkau Diego Forlan, namun tendangan striker Atletico Madrid itu dapat digagalkan oleh Sergio Romero.


Argentina bermain dengan sepuluh orang mulai menit 86 ketika kapten Javier Mascherano mendapat kartu merah setelah mengoleksi kartu kuning karena melakukan pelanggaran pada Luis Suarez. Kedua tim pun sama-sama bermain dengan sepuluh orang.


Higuain hampir memecah kebuntuan Argentina pada menit 113, namun tendangan kaki kirinya yang mengarah tiang dekat hanya membentur tiang gawang Uruguay. Skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga dua kali perpanjangan waktu yang membuat pertandingan harus diakhiri melalui adu penalti.


Babak adu penalti:

Argentina: Messi (gol), Burdisso (gol), Tevez (gagal), Muslera (gol), Higuain (gol)

Uruguay: Forlan (gol), Suarez (gol), Scotti (gol), Gargano (gol), Caceres (gol)


Uruguay akhirnya lolos ke semifinal setelah menang 5-4 pada babak adu penalti. Seluruh penendang Los Celeste berhasil menaklukkan kiper Argentina, Sergio Romero, sementara tendangan Carlos Tevez mampu diblok kiper Uruguay, Fernando Muslera.


Ini merupakan semifinal kelima berturut-turut untuk Uruguay di Copa America. Diego Forlan dkk sudah ditunggu Peru yang menyingkirkan Kolombia 2-0 beberapa jam sebelumnya. Laga Uruguay vs Peru juga menjadi ulangan laga perdana Grup C, saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar