Rabu, 02 Juni 2010

Banyak Olahraga Makin Awet Muda


INGIN awet muda? Seringlah ke gym. Peneliti menemukan, 15 menit saja aktivitas energik sehari bisa mengurangi stres dan mencegah kerusakan sel-sel vital, dua faktor yang membuat Anda merasa dan terlihat lebih tua.

Peningkatan aktivitas fisik, menurut temuan studi, tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik tetapi juga memperbaiki kemampuan sel-sel tubuh dalam melawan penyakit dan penuaan dini. Efek ini berasal dari peningkatan kadar enzim telomerase, enzim yang berperan penting dalam mengontrol penuaan sel.

Studi ini, terang pemimpin studi Dr Eli Puterman dari University of California di San Francisco, didasarkan pada studi sebelumnya yang menemukan bahwa perubahan DNA dalam tubuh memicu penuaan.

"Kami sudah mengembangkan studi tersebut dan menemukan bahwa ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan," tutur Puterman, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Sabtu (29/5).Jika mempertahankan aktivitas fisik yang dianjurkan, terang Puterman, Anda bisa mencegah kerusakan tubuh yang disebakan oleh stres psikologis.

Dalam studi ini, peneliti mempelajari efek olahraga terhadap lapisan pelindungDNA yang dikenal dengan telomer. Telomer merupakan 'topi' kecil di ujung kromosom yang berfungsi melawan peradangan dan proses penuaan lainnya.

Telomer dikenal dengan 'jam kromosom' karena sangat berperan dalam penuaan biologis. Telomer-telomer akan memendek seiring waktu dan setelah mencapai titik tertentu tidak akan bisa lagi mencegah pemutusan DNA. Dan para ilmuwan meyakini bahwa proses ini merupakan penyebab penyakit terkait penuaan.

Studi terbaru ini menemukan, perempuan yang berolahraga 15 menit sehari bisa mencegah pemendekan DNA.

Menurut Dr Elissa Epel dari UCSF Department of Psychiatry, panjang telomer diyakini sebagai penanda biologis keausan hidup. Dan olahrahga tingkat sedang saja, terang dia, bisa memberikan sejumlah perlindungan terhadap telomer. Latihan fisik kuat 42 menit selama tiga hari, lanjut Epel, terlihat bisa melindungi panjang telomer. (IK/OL-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar